jump to navigation

Tinggalkan Motor Karburator, Ganti Injeksi 27 December 2008

Posted by zoelis-oto in Motorcycle Category.
Tags: , , ,
trackback

picture-injeksi-supraPLASAOTOMOTIF – Atas nama keselamatan lingkungan (global warming) dan krisis energi, tinggalkan motor karburator. Saatnya beralih ke motor berteknologi injeksi. Seruan ini tentu bukan tanpa alasan. Dan saya yakin, Anda pun sepakat bahwa pemasok bensin model kuno ini (karbu) terbukti menyumbang racun lebih banyak serta boros pemakaian bensin.

Kinerja karburator yang serba mekanis tentunya sulit menandingi kemampuan teknologi injeksi. Baik dari sisi kandungan racun gas buang serta efisiensi pemakaian bahan bakarnya. Klaim pabrikan Honda menyebutkan Supra X125 PGM-Fi lebih irit 6% dibanding Supra X125 (karburator) dan 36% dibanding bebek 100 cc. Hebohnya lagi, kandungan CO dan HC separuh dari motor karburator yang telah lulus Euro 2. Hhmmm….. artinya motor injeksi sebanding dengan Euro 4.

Market share penjualan motor di Indonesia terbilang fantastis. Bayangkan, dalam setahun terjual 5,2 juta unit (2007) dan tahun ini diprediksi naik menjadi 6 juta unit. Melihat angka ini, orang awam pun bisa memaknai bahwa jumlah motor di negeri ini menyumbangkan racun serta butuh asupan bensin yang banyak. Nah, jangan-jangan beban subsidi BBM justru banyak dihabiskan para bikers ya.

Sebab dari data tadi, angka penjualan motor injeksi masih sangat kecil. Menurut Johannes Loman (direktur marketing PT Astra Honda Motor), penjualan Supra X125 PGM-Fi hanya berkisar 5-6 ribu unit per bulan. Kecilnya angka penjualan motor injeksi bisa disebabkan harganya yang masih relatif tinggi serta adanya ketakutan kalau injeksi susah perawatan. Padahal, alasan yang terakhir tadi justru sebaliknya. Motor injeksi bisa dibilang bebas perawatan berkala.

Terkadang saya berkhayal seandainya motor yang beredar di Indonesia semua injeksi. Mungkin beban pemerintah terhadap subsidi BBM tidak sebesar sekarang. Dan kesehatan udara di bumi pertiwi inipun makin nyaman dihirup dalam-dalam.

Mari berhitung, seandainya total penjualan motor lima tahun terakhir mencapai 20 juta unit. Dan seandainya semua sudah mengadopsi system injeksi maka racun udara akibat gas buang motor bisa ditekan 50 persen. Asumsinya motor injeksi emisinya dua kalilipat lebih bersih dibanding karburator.

Sedangkan secara perhitungan ekonomis, diasumsikan tiap motor butuh 1 liter bensin per hari. Jadi total Premium yang dibutuhkan dalam setahun adalah (20.000.000×365=7.300.000.000 liter). Seandainya semua motor injeksi (misal pakai Supra PGM-Fi) maka akan lebih hemat 6% yaitu 438.000.000 liter. Jika diuangkan (1 liter Premiun Rp5000) menjadi Rp 2.190.000.000.000. Woow… penghematan yang luar biasa.

Jika pemerintah smart thinking dan berpikir makro, tak ada pilihan lain kecuali mengeluarkan kebijakan wajib motor injeksi. Jika perlu gelontor dengan kebijakan insentif fiskal kepada pabrikan pembuat motor injeksi. Alhasil, banderol motor injeksi bisa ditekan lebih murah.

Penulis : Agus ‘Zoelis’ Triyono

About these ads

Comments»

1. IGOY_DEEP - 23 October 2009

bengkeL pinggir jLn bs gk benerin kLu ada apa2 nnti nya bro???
Igoy_zidanendra.FideL.A

2. IGOY_DEEP - 23 October 2009

bkn nya perawatan nya Lebih ribeT bro,..
ky nya dgn standart org2 indonesia keHadiran mtr Injeksi bLum bgtu besar minaT n kecintaan nya deH di banding kan dgn mtr Carbu,.
msH harus Lbih bnyak sosiaLisasi nya ,.
mgkin 3atw 4 taon ke depan XaLee udH bs,
itu pun kembaLi Lg pada SDM manusia nya kembaLi,..
Igoy_ziedanendra.FideL.A,..Goo tita,r.w

3. Tinggalkan Motor Karburator, Ganti Injeksi…!!! | Injeksi Motor Globalindo - 10 June 2014

[…] Sumber: KLIK SINI […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: