jump to navigation

Problem Pengisian Thunder 125 4 January 2009

Posted by zoelis-oto in Otoklinik.
trackback

Pertanyaan :
aji , 04/01/09 21:26

met malam, saya baru beli motor suzi thunder 125 2007 second hand, hari senin lalu motor saya mati mendadak dan setelah di bawa ke bengkel ternyata daya aki/baterai habis total, api busi hampir tidak bisa dilihat mata telanjang, montirnya mengatakan bahwa suzi thunder punya masalah dalam kelistrikannya dari generasi awal, karena pernah bbrapa kali menangani motor yang sama&dianjurkan ganti kiprok+charge aki, tapi setelah ganti kiprok+charge aki,kelistrikan motor masih belum normal karena akinya belum bisa digunakan untuk stater mesin atau belum kuat, kenapa begitu&apakah vonis montir tersebut benar?

Jawaban :

Bro Aji, sistem pengapian Suzuki Thunder 125 menggunakan sistem DC (sumber arus dari aki). Sehingga jika aki-nya tekor maka sistem pengapian tidak bekerja. Motor dijamin mogok.

Pertanyaanya sekarang adalah mengapa aki-nya bisa tekor? Penyebabnya banyak bro Aji. Mesti diperiksa satu-satu. Mulai dari aki-nya sendiri dan sistem pengisian (sepul pengisian, kiprok dan jalur kabelnya).

Aki yang sudah soak tidak mampu lagi menyimpam arus/setrum dari sistem pengisian. Aki bawaan Thunder 125 memakai tipe basah dengan kotak transparan. Ciri-ciri aki soak antara lain sel-sel dalam aki sudah hancur. Coba lihat bagian bawah apakah sudah menumpuk kotorannya? Selain itu coba cek terminal dan jumlah elektrolit. Menurut saya, melihat motor bro Aji keluaran 2007 harusnya aki masih kondisi bagus.

Mengecek sepul pengisian harus menggunakan ohm meter. Cek besarnya tahanan gulungan kawat, kemungkinan ada korsleting atau kabel putus. Biasanya mekanik yang sudah berpengalaman, cek kondisi sepul dengan melakukan starter (kick start) lalu ujung kabel sepul di korsletkan ke massa. Jika percikan lemah atau tidak ada sama sekali, bisa dipastikan sepul rusak.

Sedangkan memeriksa kondisi kiprok, harus menggunakan multitester (ohm meter) untuk melihat besarnya tahanan antarterminal pada kiprok. Datanya disesuaikan dengan data pada buku pedoman reparasi. Jika jauh menyimpang artinya kiprok mati. Bisa juga dengan substitusi dengan kiprok yang dipastikan kondisinya normal. Setelah diganti kiprok, kabel menuju aki positif (kabel pengisian) tegangannya harus normal sekitar 13,6 volt.

Salam Hangat,
Zoelis

About these ads

Comments»

1. NAZA - 5 January 2009

wah muntir kita satu ini emang teliti abis… jadi penasaran buka praktek dimana om… entar kalo honda win naza butuh di serice tak datang ke bengkel om. sekalian minta tolong gimana caranya agar pit aku bisa lari ngacir melebihi tiger atau thunder… oya makasih infonya dan lam kenal juga ya om. profilnya cakep pasti masti bujangan…

2. zoelis-oto - 5 January 2009

tq bro. buka praktiknya di http://www.otomotifnet.com. sering2 sambangi blog ini biar bisa saling berbagi. tq…tq….

3. boon - 31 October 2009

selamat malam bro,gue mau nanya nih?bagaimana supaya motor thunder milik saya bisa lari lebih kencang.

4. Bayu - 30 December 2009

Hay maz,
knapa ya mtor aku thunder 125 kalau mesinya udah panaz,sll mbrebet,tenaga hilang waktu gas di tarik dan tiba mati,trus kalau nyalain lg hrus di cook.,

5. Mr.Blank - 7 January 2011

Bagi brothers thunder yang ingin mengetahui berbagai rahasia dari thunder 125 silahkan mampir di :

http://rahasiathunder125.wordpress.com

disini brothers semua akan dapat mengetahui segala keunggulan dan potensi sesungguhnya yang dimiliki thunder 125
salam thunder !

6. gigih - 12 July 2011

salam kenal ……bro yulis……aku punya tigi 08..udah pernah ganti accu…..skarang drop lagi….tak liat accu nya kondisi bagus….apakah yang rusak kiprok..???gmana cara ngetes kondisi kiprok masih bagus apa ga?

7. hendrikus - 23 January 2012

bos mau tanya, thunder saya th.2006,tadinya aki nya air nya kering.. saya isi …ehh malah ga bisa stater…. saya ganti aki baru…. cuma bisa 1 minggu klo dipakai jalan malam yg dengan lampu utama menyala aki jadi tekor…. apa solusinya … bantuannya bos.. ke :
email saya mas…………..
terimakasih

8. sarm0n0 - 10 April 2012

mau nanya kira kira kalau sepul thunder thun 2004 beda ga ama thunder yg ada engkolnya
kalau digulung ulang kira2 kwuat lama gak y

9. mamat - 29 May 2012

masalah saya mirip dengan no 7, bro hendrikus.kalo lampu utama hidup, mesin jadi macet-macet. mohon pencerahannya. trims

10. andi - 24 November 2012

nanya bro. kalo thunder 125 pake kiprok Tiger, cara koneksinya gimana, krn dr spul thunder 3 output, sementara kiprok tiger cuma 2 untuk input dari spul. mohon pencerahan

11. singgih - 20 May 2013

mau tanya nih,saya punya motor thunder 125 tahun 2005,saya ganti kiprok baru,kok malah korslet,sikring putus melulu,apa yg perlu di cek,terima kasih

12. motorobo - 23 May 2013

Mungkin bukan kiprok masalahnya mas, mungkin sudah saatnya ganti sepul, http://motorobo.wordpress.com/2013/05/22/suzuki-thunder-125-stator-coil-replacement/.

13. latief - 30 August 2013

infonya dong..
perbedaan suzuki thunder th 2004 – 2005, mksh..

14. Kurniawan Setiabudi - 14 November 2013

Wah Ini kaya jwaban dari masalah thunder saya!!!

Aki SUka tekor daya Listriknya…
trutama kalau pake lampu pas malam motor tiba2 aja mati pas di matiin bisa di nyala ,,, Mau Nyala Juga harus sambil DI gas

15. wzenal - 19 December 2013

bro w hbs tukeran kiprok sm tmn w,trus besokna lampu w ngedrop trus w gnti lg sm pnya w lg ko malah motor w kORSLET klw lampu nyalah mtor hdp tp klw lampu mati mtor mati.Gmn brO SOLUSInya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: