jump to navigation

Honda Blade 110R VS Yamaha Vega ZR 9 January 2009

Posted by zoelis-oto in Motorcycle Category.
trackback

OTOMOTIFNET – Mengadu Honda Blade 110R dan Yamaha Vega ZR pasti jadi bahasan menarik. Pertama, karena keduanya masih masuk kelas bebek di bawah 125cc. Bahkan selisih kapasitas mesin keduanya tak sampai 5cc, tentunya performa hanya beda tipis. Alasan lain, keduanya dilaunching bersamaan. Maka tak heran bila hingga hari ini kedua motor ini masih jadi bahan perbandingan banyak pihak. Jadi sangat sah dan pasti dinantikan bila OTOMOTIFNET mengajak kedua motor ini untuk bertanding satu lawan satu (head to head).

Pada komparasi ini masih menggunakan bintang sebagai penilaian dengan melihat dari 6 variable seperti yang dilakukan pada sesi test ride (Yamaha Vega ZR dan Honda Blade 110). Tapi jangan heran bila pada komparasi ini jumlah bintangnya sedikit berbeda dengan yang ditemui pada sesi test ride, karena di sini kedua motor langsung diadu head to head. Bukan beraksi sendiri-sendiri. Agar lebih mendalam, penilaian masih dilanjutkan dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang jadi pertimbangan konsumen saat memilih sepeda motor (berdasarkan hasil riset redaksi). 

Harga

Honda Blade 110R : ***** (5 bintang)

Yamaha Vega ZR : ***** (5 bintang)

Honda Blade 110R dijual pada harga Rp 13,5 juta sedang Yamaha Vega ZR hanya Rp 12 juta. Honda Blade 110R jauh lebih mahal? Enggak dong, mari lihat lebih jauh lagi. Honda Blade 110R dengan harga yang lebih mahal Rp 1,5 jutaan, dapat pelek cast wheel dan beberapa fitur seperti panel indikator di speedometer yang lebih lengkap.

Selain itu konsumen juga langsung dapat fitur-fitur kecil seperti tuas cuk di stang dan juga key shutter berpengaman yang absen pada Yamaha Vega ZR. Sedang Vega ZR yang memang dibuat untuk pasar low end ini sengaja disetting murah. Tapi jangan salah kalau, Vega ZR dipasang fitur yang sama dengan Honda Blade 110R bisa jadi sama mahalnya. Untuk pelek cast wheel saja sudah selisih Rp 1 jutaan.

Tapi bila dilihat sesuai segmentasi pasarnya masing-masing, harga kedua bebek ini masih masuk akal. Dengan segala keunggulan fiturnya, Honda Blade 110R masih tidak terlalu mahal. Sedang Yamaha Vega ZR memberikan desain dan mesin baru untuk konsumen low end juga dengan harga yang masih sangat terjangkau. Tak salah bila angka sempurna diberikan untuk kedua motor ini.

Desain

Honda Blade 110R : ***** (5 bintang)

Yamaha Vega ZR : *** (3 bintang)

Banyak komentar ketika pertama kali melihat langsung menilai desain Yamaha Vega ZR terlalu kaku. Boleh dibilang kurang mengikuti trend desain masa kini. Sekilas sangat mirip dengan pendahulunya, Vega R. Satu-satunya inovasi bisa dilihat pada desain lampu sein yang menyatu sayap. Tapi desain lampu sein ini juga bukan style baru karena sudah banyak diaplikasikan oleh bebek lainnya. Jadi wajar bila OTOMOTIFNET memberikan tiga bintang untuk sektor penampilan.

Sedang pada Honda Blade 110R aura moge sport Honda CBR 1000RR Fire Blade begitu menonjol pada desain sayap yang ramping dan terbelah dua bagian atas dan bawah. Desain sayap ini juga memudahkan saat melakukan service ringan karena hanya dengan membuka satu panel bodi sudah bisa menjangkau karburator, air fiter dan silinder head.

Selain itu, pilihan corak warna  dan striping lebih bervariasi. Belum lagi  aplikasi desain muffler oval juga menjadi daya tarik tersendiri dan makin menguatkan pendirian OTOMOTIFNET untuk memberikan penilaian penuh lima bintang di sektor desain.

Fitur & Teknologi

Honda Blade 110R : **** (4 bintang)

Yamaha Vega ZR : *** (3 bintang)

Mesin baru Honda Blade 110R cukup mengejutkan karena mengusung mesin NF110ST yang benar-benar baru dengan kapasitas mesin 109,1cc. Teknologi rocker arm yang dilengkapi roller dan dinding piston yang dilengkapi banyak lubang sebagai jalur pelumasan digunakan pada mesin yang kabarnya menjadi calon pengganti C100 series ini. Fitur tambahan yang tak kalah menarik  yaitu aplikasi pengaman kunci (key shutter). Empat bintang cukup untuk menilai fitur dan teknologi Blade 110R.

Meski menggunakan mesin yang juga baru, namun pada Vega ZR ada beberapa fitur yang absen. Seperti pelek cast wheel dan panel indikator posisi gigi. Tuas cuk yang biasanya berada di stang kini tidak ada. Tampilan kunci kontak  juga polos tanpa pengaman. Bahkan teknologi mesin Yamaha seperti Diasil dan  roller rocker arm tidak diadopsi. Rasanya tiga bintang cukup untuk Yamaha Vega ZR.

Performa

Honda Blade 110R : *** (3 bintang)

Yamaha Vega ZR : **** (4 bintang)

Di sesi test performa kedua motor ini terjawab rasa penasaran OTOMOTIFNET. Perbedaan kapasitas mesin yang hanya 5cc tak begitu terasa signifikan. Tapi ketika OTOMOTIFNET menggunakan alat ukur racelogic untuk mendapatkan data performa kedua motor ini, Vega ZR menang tipis (lihat hasil tes).

Karakter keduanya pun sedikit berbeda. Mencoba di trek sepanjang 1,5 km, OTOMOTIFNET yang berbobot 65 kg merasakan hentakan tenaga di tiap gigi yang terasa halus. Tidak terlalu menyentak namun cukup merata pada Yamaha Vega ZR. Top speed untuk trek sepanjang itu menyentuh angka 105 km/jam lebih sedikit.

Sedang pada Honda Balde 110R, gigi 1 dan 2 nya lebih galak. Kalau hanya untuk beraksi stop and go, terasa sangat bertenaga. Tapi seperti yang telah di terangkan pada tulisan first ride, putaran atasnya terlalu panjang dan terasa lemas (gigi 3 ke 4). Top speed di trek sepanjang 1,5 km pun hanya mentok di angka 98km/jam. Dengan hasil skor 4 – 3 cukuplah untuk kedua motor baru ini.

Data pengetesan Yamaha Vega ZR:

0-60 meter       = 6,5 detik

0-100 meter     = 8,7 detik

0-201 meter     = 13,7 detik

0-402 meter     = 22,9 detik

0-60km/jam      = 6,8 detik

0-80km/jam      = 14 detik

0-100km/jam    = N/A

Data pengetesan Honda Blade 110R:

0-60 meter       = 6,7 detik

0-100 meter     = 9 detik

0-201 meter     = 13,8 detik

0-402 meter     = 22,5 detik

0-60 km/jam     = 7 detik

0-80 km/jam     = 14,1 detik

0-100 km/jam   = N/A

Konsumsi Bahan Bakar

Honda Blade 110R : **** (4 bintang)

Yamaha Vega ZR : **** (4 bintang)

Dengan seorang tester yang bobotnya tak lebih dari 65 kg, Yamaha Vega ZR mampu berlari sejauh 47 km dengan satu liter bensin. Konsumsi bahan bakar tersebut didapat dengan kecepatan tak lebih dari 60km/jam. Begitu juga dengan Honda Blade 110R dengan rute yang sama, Honda Blade 110R tercatat sedikit lebih irit dengan satu liter bensin mampu menempuh jarak sejauh 49,5 km.

Namun perlu diingat meski menempuh jarak dan rute yang sama namun kondisi traffic saat keduanya dilepas tentunya memiliki sedikit perbedaan. Meski pengetesan telah dilakukan pada malam hari (diatas pukul 11 malam) demi memperoleh kondisi jalan yang relatif sepi. Karena thasilnya ak jauh berbeda dan belum tembus diatas 50 km/liter (pertimbangan redaksi, bebek <125cc dikatakan irit jika lebih dari 50 km/liter) maka 4 bintang rasanya adil untuk kedua bebek ini.

Handling

Honda Blade 110R : ***** (5 bintang)

Yamaha Vega ZR : **** (4 bintang)

Secara keseluruhan OTOMOTIFNET harus mengakui kalau kedua motor ini sama lincahnya. Namun tentunya tetap ada perbedaan. Sumbu roda Vega ZR yang lebih panjang membuatnya sedikit kalah lincah kala benar-benar berada pada kondisi lalu lintas yang macet. Berbeda dengan Honda Blade 110R yang begitu mudah menggerakan bodi motor. Saat keduanya kami coba menikung tajam pada kecepatan tinggi, Blade lebih nyaman.

Dan sebaliknya pada kecepatan tinggi melibas trek lurus, Yamaha Vega ZR sedikit lebih tenang.  Secara keseluruhan dan mempertimbangkan kondisi jalanan serta habit orang Indonesia yang rata-rata hanya berkendara tak lebih 60km/jam, handling Honda Blade 110R tetap lebih unggul. Bintang 5 untuk Honda Blade dan bintang 4 untuk Yamaha Vega ZR

Hasil Komparasi :

Lantas siapa juaranya? Apakah cukup dilihat dari hasil perolehan bintang? Tentunya tidak. Pada setiap komparasi motor atau mobil, OTOMOTIFNET menerapkan sistem point berdasarkan beberapa faktor pertimbangan ketika konsumen memilih sepeda motor. Cara ini diharapkan akan memberikan hasil akhir penilaian yang lebih mendalam.

Dari hasil riset  internal redaksi OTOMOTIFNET diperoleh urutan pertimbangan rata-rata konsumen ketika membeli motor. Pertama adalah pertimbangan harga, lalu desain, fitur dan teknologi, performa, konsumsi, dan yang paling terakhir adalah pertimbangan handling. Tiap faktor ini memiliki point dari 6 sampai 1 dari faktor tertinggi yaitu harga sampai faktor terendah, handling. Point tiap faktor ini dikalikan dengan jumlah bintang yang didapat dari hasil pengetesan untuk mendapatkan total poin yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan pertimbangan konsumen saat membeli motor.

Yamaha Vega ZR Honda Blade 110R
1. Harga (6 poin) 6 x 5* = 30 6 x 5* = 30
2. Desain (5 poin) 5 x 3* = 15 5 x 5* = 29
3. Fitur dan Teknologi (4 poin) 4 x 3* = 12 4 x 4* = 16
4. Performa (3 poin) 3 x 4* = 12 3 x 3* = 9
5. Konsumsi bahan bakar (2 poin) 2 x 4* = 8 2 x 4* = 8
6. Handling  (1 poin) 1 x 4* = 4 1 x 5* = 5
Total nilai

= 81 = 93

* = jumlah bintang hasil komparasi

For Your Information (FYI):

Honda Blade 110R

- Warning buat rider pemula: jangan kaget bila akselerasi Honda Blade 110R terlalu galak di putaran bawah, selongsong gas diputar sedikit saja bisa tersentak. Sebaiknya lebih berhati-hati mempelajari karakternya.

- Begitu juga dengan handling-nya. Karena memiliki sumbu roda yang pendek dan sudut rake yang cukup tegak membuat handling Honda Blade 110R sangat agresif.

- Jangan berharap bisa dengan mudah “ngoprek” motor ini biar larinya lebih kencang. Karena ketersediaan racing partnya masih sangat minim.

- Banyak mekanik balap yang menilai sistem kopling matahari / diapraghma yang dipakai Honda Blade 110R justru jadi kekurangan. Kalau mau turun balap sebaiknya ganti dengan sistem pegas yang lebih kuat.

- “Desain ala big bike yang diaplikasikan pada Honda Blade 110R adalah awal dari desain moped motor bebek Honda di masa depan,” kata Kiyotaka Fujihara, chief engineer Honda Blade 110R.

Yamaha Vega ZR

- Meski memiliki ukuran bore dan stroke yang sama dengan Mio (50mmx57,7mm), tapi tidak ada satu pun part yang bisa saling di subtitusikan diantara kedua motor ini.

-Jadi jangan berharap bisa menggunakan racing part Mio atau Jupiter Z untuk Vega ZR karena tidak ada yang sama.

- Kapasitas mesin bersih Vega ZR hanya 113,7cc. Artinya hanya berbeda 3,4 cc dari Vega R yang kapasitas mesinnya murni 110,3cc

- Sistem kopling matahari / diapraghma seperti Honda Blade 110R dipilih untuk menekan cost produksi tanpa mengurangi performa. Kurang bagus buat balap.

- Pihak Yamaha mengakui generasi Vega R dan Vega ZR ini adalah bukti bahwa Yamaha mampu membuat motor yang tidak hanya kencang tapi tetap irit.

Penulis/Foto: Tim OTOMOTIFNET
Sumber : www.otomotifnet.com

About these ads

Comments»

1. mdrivai - 9 January 2009

Yamaha sekarang lebih unggul dan banyak yang menggunakannya ..

tetapi kalau mau servis jadi lama nungginya …

2. naza - 11 January 2009

karena u nggak punya buku tamu ya kusapa aja lewat ruang komenmu.malam minggu begadang. biar dapat wangsit. besok pagi tidur sambil mencari bahan buat posting. enakkkk tenannnnnnnn

3. zoelis-oto - 11 January 2009

hehe… ini blog buat iseng aja bro. tulisan jg ak mirror dr websiteku. kecuali yg narsis2 dan intermezo, bisa nulis langsung disini. piye khabare banyuwangi???? YM mu opo bro????

4. naza - 17 January 2009

belum up date ya pak… ya wis aku datang lain kali.
ym nazaluckzana@yahoo.com . banyuwangi peteng dedet, oya masmu sedang gila camfrog tuh,tiap hari ngungsi di counter aris. salam buat satpam rumahmu. gimana kabare.? oya pasang jaringan dirumah dong biar bisa komunikasi ama satpam rumah

5. Leni - 1 April 2009

Wah terima kasih atas komparasinya.

Membantu buat yang lagi pilih-pilih

6. luna maya - 6 April 2009

keren semua

7. bayu - 20 May 2009

hiduuuuuuuuup….!! zr

8. kobe - 30 May 2009

yahonda layah jadinya

9. kholili - 6 July 2009

asik juga ikuti hasil komparasi, tp ada yg juga perlu dimunculkan: laporan ttg berapa masing motor terjual dalam waktu yg sama. yg jelas info ini oke trim

10. cool - 6 August 2009

Jelas pilih Blade dong

11. Dimas R - 19 December 2009

Aq pnya dua2nya..Jd bingung mau lebih condong kemana

12. daledo - 29 December 2009

bagus mas komparasinya cukup signifikan, maju terus plasaotomotif!!!!!!

13. yonk - 29 December 2009

saya punya dua2nya, kayaknya ada yg salah dg komparasi performa……Justru vega zr kalah jauh dari blade…..(mulai dari tarikan ato top speed gak ada apa2nya, klu sama absolut revo mgk vega zr imbang utk performa) tlg jgn bohongin konsumen mgk

14. aryantara - 17 April 2010

aku mencari blade community wilayah banyuwangi-jawa timur. bagaimana cara untuk bergabung dalam blade community? trims arya

15. bau_ah - 3 June 2010

13. yonk sales detected

blade mentok 90km/jam

16. Comen - 7 June 2010

90 km juga dah kenceng tuh mang lo berani klo pake trus 90 di jalanan?????????

17. bau_ah - 16 June 2010

kalo lagi jalan malam, sepi, lebih pede naik motor yg lebih kenceng.

dari dua pilihan itu, vega zr lebih cocok. naik blade serem kalo cuma maks 90 km/jam

18. pandu arsetyo - 6 August 2010

blade di gigi 1 ke 2 agak galak banget dan ban depan langsung naik tapi blade menang tarikan top speed cuma 90 km/h gas udah pol

19. Mozack - 29 August 2010

saya pake blade repsol…
saya coba dengan vega zr…
tapi vega zr tertinggal sejauh 2 meter di belakang saya…..
saya coba dengan panjang lintasan 1,0 km…
tapi bisa mencapai kecepatan 120 km/jam

20. kw2 - 30 September 2010

blade bisa 120km/jam ? anda pasti sales honda

21. blade - 21 October 2010

@ kw2 :trus anda sales apa?adu sendiri aja lah kalo kurang percaya…ini tuh cuma coment2 bhong…

22. Ikhsan Gunawan - 27 November 2010

Udah pasti kalah tuh Honda Blade, ane pake Vega R 110 aja bisa ketinggalan jauh (performa Vega R 110 lebih baik dari Vega ZR)

Kalau untuk masalah pede di lampu merah sih tetap pake Vega ZR paling oke dan gak bakal minder.

Sebaiknya blade memang harus mengaku kalah dengan Vega ZR

Sekarang konsumen udah pada pinter mas, kadang media juga bisa memihak bukan?? hehe..

23. mank irwan - 3 January 2011

blade vs vega zr ???
belum nyoba blade,vega udah

vega handling ga bagus,perpindahan giginya halus enak digenjot,pas di top rpm mesin bikin kaki ksemutan,ada vibratornya mungkin,wehehehehehehe

desain kurang,makanya murah,tapi irit,kayak mio.
cocok bwt pengendara usia 35 tahun ke atas,
kalo yang dibawah ntu nanti malu,orang nya keren,motornya desain kakek2 (ga ngejek)

tapi buat balap,bodinya di ganti aja,malu liatnya,biar tambbah sanggar.

blade liat sekilas oke,tapi larinya gak taw,sama gak kayak revo absolute yaw??
lo gitu jadinya ganti cassing doang donk (kayak nokia : Xpress on cover) whehehehehe,
untuk kekurangan koment ini mohon di balas yah,

q ga ngdukung yang mana,soalnya moto q revo cw 2007 100cc ama jipi mX 135cc 2010

24. Ain - 7 January 2011

saya pakai new vega r 110cc,umur motor sudah 3 tahun lebih,pernah tes sam honda blade pada top speed blade kalah kira2 5 meteran pada akselerasi motorku kalah 2 meteran

25. Ichand - 17 February 2011

Tapi Blade Tewas sama Vega ZR Ane .
Lincah, OK lah sama-sama lincah.
tapi Di Track yang sebenarnya, alias Track Lurus (hehe) Blade Tewas..awal start dia ok, namun pertengahan kebalik jadi KO, jadi maap-maap kate ni ye… tapi ane akuin teknologi sekarang makin Ajib.
Good Job.

26. redlight - 17 February 2011

yg bilang blade bisa 120 km/jam apa gak lihat cbr 250 aja cuma 140an km/jam. masa blade yg mesin tidur bisa beda tipis :D rata2 pemakai blade memang bilang topspeed motornya cuma 90an km/jam. makanya motor ini banyak laku di jakarta. stop and go oke, top speed…. ah ini kan jakarta, jgn nanya top speed ya, pokoknya jangan aja :D

27. Xxx - 19 February 2011

Kalau gua jelaz vega zr punya gua jaw bisa 112 kpj d trek luruz
Coz gua pakai cdi (rahasia)cp yg mau coba d trek luruz?

28. Racing xxx - 19 February 2011

Blade mentok 90 tok..vega zr masih d gigi 3 brow masuk gigi 4 dah tebal tuw si blade..yamaha semakin d depan brow..★

29. zaro error - 28 February 2011

kecepatan tergantung sipengendara. tergantung berat badan dan skill pengendara (cara pengaturan speed saat mengendarai). dan paling penting kondisi motor dan kondisi sipengendara motor saat itu. okeeee….
kalo lagi deg2an psti saya jamin motor juga diragukan dengan kecepatannya.

30. ①black speed - 4 March 2011

Vega zr pakai cdi ‘5 tl ymh’ ja bisa 120kmp/jam.nafas jd panjang.top speed mampu mengimbangi jupiter mx.
Dijamin klz 110-125 pun ga da yg bisa nandingin.▲

31. zak - 12 May 2011

aku baru beli blade repsol 110cc..
Aku test di track lurus 1km lebih top speed nya 98 km/jam.. Dan masih bisa nambah.. Berhub. Ada lawan didepan.. Jadi speed nya ku kurangi..

32. RC110R Rider - 2 October 2011

aku juga baru beli yang new blade….
top speed cuma sekitar 110 kmh

33. Suzuki smash titan - 3 February 2012

COBA SMASH TITAN VS VEGA ZR,BLADE,REVO,,pasti yg menang smash titan,,,c

34. blade repsol 110 - 29 March 2012

aku anak medan,,, semalam aq ru testt blade dalam kondisi jalan sepi pd siang hari , honda blade aq buktinya bener-bener tembuuuuus 100km/jam
aq gak bohong,,,,,,, makanya oli n bbm_a di perhatikan juga dooonk,,,,

35. Mula - 26 May 2012

Permisi, saya Mula pengguna Honda Blade 110R tahun 2011, Performa Blade saya maksimal, tolong Oli diperhatikan,akselerasi juga tinggi, top speed buat drag kemarin 105km/h terbukti ini, semakin speed atas semakin halus mesinnya meski agak boros. Tapi cocok untuk anak muda. Terima Kasih

36. yana055 - 5 June 2012

sayang sekali saudara. Mimpi ingin meminang Blade versi awal yg sngat Sporti. tpi ternyata dihentikan produksinya.

pdahal sporti bnget tuh motor. liat stangnya juga enak.

37. yana055 - 5 June 2012

33. Suzuki smash titan – 3 February 2012

COBA SMASH TITAN VS VEGA ZR,BLADE,REVO,,pasti yg menang smash titan,,,c

================================================
stuju…. Suzuki titah top speednya kenceng……

38. Habibah Azzahratul Husna - 14 September 2012

tp jujur z klo untk kenyamanan & akselesari ane pilih vega zr.Coz ane sdh mncoba kedua’y.Klo msalah top speed kita tntu’ya jrng untk itu.yg pnting tarikan wktu mo nyalib z..

39. toni prasetya - 30 November 2012

vega zr. penampilan, kenyamanan, mesin, akselerasi bagus. mampu mencapai top speed 120 km.bensin irit banget.

40. Dipul - 29 December 2012

Bru lwn zr, blade dah kocar kacir cari napas bwt kabur, apalagi vs jupiter zx, pasrah dweh,
eh honda launching lgi new blade spya bsa ngalahin jupi zx, v cuma bsa beda 1 meter z d’depan, eh bru z mw ngerayain k’menangan yg tanggung eh yamaha meregenerasi jupi zx jdi z1 fi, yh honda blade jdi semakin pasrah,
hahahahahahahahahaha,
dsr honda semuanya motor siput

41. Adin - 4 April 2013

Lucuu

42. ovik - 7 January 2014

vega zr ane berani d adu ama blade . .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: