jump to navigation

Pindah Gigi CS-1 Kasar 25 December 2008

Posted by zoelis-oto in Otoklinik.
Tags: , , ,
trackback

Pertanyaan :

salam kenal oom… saya pengguna cs-1, saya mau tanya kenapa pepindahan dari gigi 1 ke 2 sering berbunyi kasar (bletak), padahal saya sudah memindahkan dgn pelan2. mohon solusinya… thx (Setyo)

Jawab :

Salam kenal juga buat Setyo. Perpindahan gigi transmisi kasar atau susah bisa desebabkan karena setelan kopling kurang bebas. Tetapi jika setelan kopling kurang bebas seharusnya perpindahan gigi susah dan kasar terjadi pada semua tingkat percepatan.

Saat handle kopling ditarik, pertautan antara kampas kopling dengan plat penekan kurang atau bahkan belum bebas sehingga poros input transmisi masih memutarkan poros output transmisi. Akibatnya saat gigi percepatan dipindahkan tidak dengan mudah masuk ke alur gigi pasangannya dan menimbulkan bunyi kasar.

Solusi sementara coba setel sendiri dengan memutar penyetel yang terdapat pada kable kopling. Setelan terletak pada  handle kopling (setang sebelah kiri). Putar setelan agar saat handle kopling di tarik menjadi lebih dalam.

Jika masalah belum teratasi, berarti ada yang tidak beres di dalam mekanisme perpindahan giginya. Solusinya harus bongkar bak kopling atau bahkan belah mesin untuk memastikan bagian mana yang terjadi masalah. Karena masih garansi, mintalah bengkel AHASS yang melakukannya.

Untuk tambahan referensi silkahkan klik artikel tips ini. Disini membahas seputar kopling CS-1.

Salam Hangat,
Zoelis

Comments»

1. waridin - 12 September 2009

saya juga pengguna cs1 tapi masalah saya sama di kopling padahal saya baru beli 2bln dan saya udah bawa ke ahhas tapi sama saja kata nya karet kopling nya padahal kan baru 2bln dan merasakan nya semenjak motor baru turun tolong kasih solusi nya

2. CS-1 Gold - 21 October 2010

Kalo menurut saya,bukan ada masalah atau apa..itu karena memang sudah cara kerja mesin cs1,saya pengguna cs1,bagi saya itu tidak masalah..setiap mesin motor mempunyai ciri khas masing2…

3. Yulian - 15 April 2016

kalo new BLADE FI 2016 susah oper gigi 1 ke 2, itu kenapa ya ….
ada yg bisa jawab gak…../


Leave a Reply

