jump to navigation

Tambah Performa Supra Fit 25 December 2008

Posted by zoelis-oto in Otoklinik.
Tags: , , , , ,
trackback

Pertanyaan :

Pak Zoelis tulungin saya dong. Saya punya motor Honda Supra Fit rasanya performanya kurang sekali tidak bertenaga. Lalu akhir-akhir ini setelah servis sekitar 1 minggu knalpot jadi nembak kalau dipakai engine brake di turunan. Lalu gimana caranya ningkatin performa motor yang aman dan enggak ekstrem soalnya masih dipakai sehari-hari. Lalu saya juga tidak mau mengganti knalpot karena takut suaranya terlalu keras. Lalu gimana caranya memakai turbo elektrik. terima kasih.

Jawab :

Sayang data yang saudara kirimkan sangat minim. Misal Honda Supra Fit tahun berapa dan top speed-nya gimana? Jika kecepatan maksimal enggak sampai 90 km/jam berarti motor saudara memang sudah payah. Rata-rata Supra Fit standar hanya  mampu berlari 100 km/jam. Saya sendiri pernah tes Honda Revo (dengan spek mesin yang sama dengan Supra Fit hanya mentok 105 km/jam).

Sebelum melakukan upgrade engine, sebaiknya cek dulu kompresi mesin, pembakaran dan kondisi kopling. Jika semuanya bagus dan ternyata masih kurang puas, silahkan upgrade mesin. Jika masih dipakai harian, sebaiknya tidak melakukan naik kompresi. Takutnya ketahanan mesin menjadi turun sehingga malah sering masuk bengkel untuk perbaikan.

Jika tidak mau ganti knalpot, awali dengan ganti noken as (korek harian) seperti merek WRD atau CLD. Harga antara 250 ribu – 350 ribu. Lift (tinggi angkat klep) dan durasi (lama bukaan klep) kedua merek ini memang dirancang untuk motor harian. Selanjutnya setting ulang spuyer karburator. Saya tidak bisa sebutkan berapa angka yang pas buat motor saudara. Karena setting karbu sangat tergantung dari kondisi motor saudara sendiri. Makanya pilih mekanik yang mengerti soal setting karburator. Harga spuyer per buah sekitar 15-30 ribu tergantung merek (misal merek X-treme).

Selanjutnya silahkan ganti CDI dengan spek unlimiter. Paling umum dipakai ada merek BRT. Buat harian cukup tipe digital hyperband. Harga kisaran 300 ribu. Coba rasakan terlebih dahulu perubahannya. Kalau masih kurang, coba minta mekanik saudara melakukan porting/polish yaitu menata ulang atau menghaluskan lubang masuk dan buang.

Selamat mencoba dan semoga membantu.

Comments»

1. nasikhin - 25 January 2010

PAK MAU TNYA honda supra fit standart untuk stelan klep yang enak berapa?

2. Opayapenk - 15 March 2010

Bro lm knl j y.Bro sy mau ny.Mtr sayakan supra fit th 2008 msh standar….Saya pakai utuk sehari-hari..Gmn cranya supaya bertenaga….Oya kalo ganti cdi sj pengruhnya bsr kcl y bro…Untuk mengawalinya sy hrus gmana dulu mungkin?..Di tunggu jawabannya ya…

3. zein - 28 March 2010

halow sob saya mau tanya nii lebih bagus mana cdi shogun apa brt tipe digital hyperband dan lebih cocok mana ? masalah karbu apa yang paling bagus keihin pe 28 apa mikuni 26 rx king

4. zein - 28 March 2010

halow boos saya mau tanya nii lebih bagus mana cdi shogun apa brt tipe digital hyperband dan lebih cocok mana ? masalah karbu apa yang paling bagus keihin pe 28 apa mikuni 26 rx king atau yang lain ada yang lebih cocok ?

untuk ganti klep sonik, seher sonik + pernya berapa kecepatan kompresi nya ?

5. iponk - 16 April 2010

hy bro ni q mw nyak sepeda supra fit aku mw di stel kayak supra x 125 gimana cra x..?

6. achin - 3 August 2010

motor saya mocin (replika supra fit yg grand)
saya cm main di noke as+CDI BRT mio+klep+perklep shogun+kopling..
alhasil speedo meter yg full 140km ampe putus !!!
hahaha

7. sukma - 31 August 2010

ada cara yang agak meringankan biaya gak

8. ary prakoso - 11 October 2010

ak bru ngoplos mtor spra fit sma spra v,….cuma kok spora v nya larinya kurang enak ya…trus msina agak berisik,kra2 apanya ya..makasih

9. elza - 12 October 2010

ary,, brisiknya setengah kedepan pha setengah k blakang?

10. ridho rahardi - 6 February 2011

supra fit tahun 2004 kalo mau naik kan cc bagusnya berapa ya?

11. syamsul - 10 February 2011

hai smua ny q mau tnya nih gmn y crny bikin mtor revo bsa jd kenceng/bisa ngalahin vixson apa ja yg hrs d gnti.

12. Sayrifudin DtrxRacer ComunityClub - 12 July 2011

saya mau tnya… kalau mau jadi`in supra fit jdi motor road race… apa saja yang diubah??? ditunggu jawaban`y ya… makasih

13. Yana88 - 18 November 2011

Mensetting SupraFit sih gampang bro….

klo pingin Akselerasi…… Turunin Clip jarum gas ke yg paling bawah, setting angin, langsung dh akselerasi jadi mantep tpi top speed jadi agak lama.

Klo pingin Top speed…… naikin Clip jarum gas ke yg paling atas, setting angin, langsung dh Top speed nambah tpi akselerasi jadi kurang.

sya dh coba tuh di Astrea star, Top speed Bsa 110Kpj hanya dengan menaikan posisi clip jarum gas ke yg paling atas…..

14. budi darmawan - 29 December 2011

slam sejahtera….pak saya punya supra fit th 2007,yg sudah saya lakuin,klep pake sonic,seher kaze standart,karbu pake yg 26,CDI pake BRT,udah porting polish,tapi masih terasa kurang kenceng,terutama akselerasinya yg agak lelet,kira2 apa yg harus saya lakukan supaya motor saya jadi tambah kenceng,terus klo pake seher thunder apa masih bisa masuk…trima kasih

15. baco kuttu - 16 February 2012

slm knl bro.. q mo brbagi penglaman. aq px mtr suprafit 2003 kcpatan max 120 km/jam piston, blok,noken as smua msh stndr yg dgnti cm ring pke 25″ lbg piston dperbesar kiri n kanan,stel klep,tmpat dudukn rantai stater tgan dlepas jd bbn magnet jd ringan,kampas ganda dcopot psg kopling manual,piston karbu dpotong sbgian,leher angsa(manifol)dperbesar karbu n spuyer standr cm stel angin aja. mio soul,jupiter z,vega,supra 125,shogun 125(smuax msh standr pabrikn cm stel karbu) smua prnh q adu blapan klo mtr cc diatas 125 mtrq kalah …

16. riki - 12 March 2012

bos,mau tnya ne..
mtor ny supra fitz thun 2007..
lubang in & ex sya perbesar,karbu rx king,cdi shogun kebo yg g ad limiter,piston sya korek sndri.knalpot standar.tp knpa hbis sya service jd berat & kecepatan menurun drastis.karbu jg g bs distel.
ap kemungkinan kebesaran pengapian? atau msalah klep?

17. nando - 9 April 2012

saya mau tanya
kan motor saya supra fit 2007 itu kog gx bisa banter y? Maksimal hny smpe 60-70 km dan juga suaranya jelek sekali dan tarikan gasnya berat soalnya masih pabrikan . Itu klu kayak gitu d ganti apanya y ? makasih

18. Aldie Septa Mahardika - 6 June 2012

bro saya mau nanya kalo supra thun 2004 mesin hitam
udahh over size 50
terus noken papasan karbu king kenalpot racing
cuman kenapa kalo kenceng agakkk ngadet jalanya
trus masihh kala aj sama motor standar
yg lainn
ap yg kurang ya
terus saya
mau nanya
kalo saya oversize 100
pake piston kaze
harus ganti silinder ya
trus noken nya saya mau beli yg durasi nya 2,8
klep nya perlu ganti gakk yg kaya gimana
and bisa harian kan bro kenalpot nya bgus nya apa an
mohon bantuan nya broo
kalo ngebut geter nya kuat abis …
thank’s

19. rizky - 13 October 2012

bikin baut sepuluh yng deres dmana
]

20. bara izzy - 15 October 2012

mas kalo kebanyakan enaknya supra fit tahun 2004 pake karbu apa?biar ga lemot?

21. navezaa motor - 24 January 2013

bro, ksih foto supra fit new yg modif donk bro….

22. ivalz - 7 March 2013

bos sya puya supra 2006 tips bore untuk harian apa bos

23. agi - 8 April 2013

pak,saya punya new supra fit 2005,klo saya geber,,kecepatan hanya bisa 80km/jam,,apa yang salah ya pak??trims

24. ardy344 - 3 November 2014

Mau nanya,mtor ane kirana,pake karbu jupiter,pilot spuyer standar jupiter,ya standaran lah,,tarikan nya kosong(brebet)kira2 pake pilot/spuyer ukuran brapa supaya Gg brebet….
Jawab!!!

25. abud - 18 December 2014

Gan ana pnya supra fit new 2006… Sher dah pke kaze operses 125 bkas kmren jebol…..karbu pke 28… Noken as resing.. Pengapian dobel…..!!!.ckrang. Trikannya jd kurang…di putaraan atas skrang mtor mentok..!!!pa pengaruuh kompresi terlalu besar pa gmna gan…!!

26. joang - 4 August 2015

tolol. suprafit gw pernah ngalahin revo gini2_ standarr main di mesin, ganti karbu , rantai keteng dll knalpot standar aja udh

27. angga - 29 March 2017

Bro mau nanya ni bro mtr ane suprafit2006 masih setandar bro dari pertama keluar blm ada kendala mesin cuma blakangan sekitas 1than motor gak mau diajak jalan.. Di gir 2/3 speed 20-40km/jam gak mau jalan. Cuma ada suara (TOKTOKTOK) kin digas makin kenceng suara.a Tp kalo dari gir 1 udah di gaSpol ngpasin RPM baru dia mau lari. dpet speed.a di 110km/jam. Udah sempet ganti mulai rante keteng, kampas kopling, sampe matiin kampas ganda. Gak ada perubahan berarty. Gimana ya bro….


Leave a comment