jump to navigation

Test Ride Yamaha Vega ZR 4 January 2009

Posted by zoelis-oto in Motorcycle Category.
trackback


PLASAOTOMOTIF – Kehadiran Yamaha Vega ZR membuat rasa penasaran kru OTOMOTIFNET makin besar. Salah satu penyebabnya adalah karena Vega ZR adalah produk yang benar-benar baru, yang oleh PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) diproyeksikan untuk menemani pendahulunya, Vega R.

Tapi anehnya meski tergolong produk baru dengan perubahan spek mesin drastis namun secara penampilan Yamaha Vega ZR masih sebelas dua belas dengan pendahulunya Yamaha Vega R. Baik secara desain sampai fitur, boleh dibilang mirip-mirip. Untuk menjawab rasa penasaran ini mari kita nilai sejauh mana kekuatan Vega ZR.

Desain: *** (3 bintang)
Pandangan pertama langsung menilai desain, untuk ukuran bebek jaman sekarang, tampang Vega ZR tergolong kaku. Sekilas sangat mirip dengan pendahulunya, Vega R. Apalagi kombinasi warna yang tak jauh berbeda antara keduanya membuat makin mirip saja. Tidak seperti motor bebek kebanyakan yang bergaya sport futuristik dengan pantat meruncing, Vega ZR justru tampil bantat dengan stop lamp yang melebar.

Satu-satunya inovasi bisa dilihat pada desain lampu sein yang menyatu sayap. Tapi desain lampu sein ini bukan barang baru, karena sudah banyak bebek yang lebih dulu mengaplikasikan desain ini. Lainnya? masih masuk kategori standar. Jadi wajar bila OTOMOTIFNET memberikan tiga bintang untuk sektor penampilan atau desain.

Fitur dan Teknologi: *** (3 bintang)
Fitur apa ya yang baru pada Vega ZR ini? Mungkin yang paling menonjol adalah dipindahnya kunci jok dari samping ke spatbor belakang. Fungsinya menurut pihak Yamaha adalah untuk memudahkan pengendara ketika membuka jok. Saat parkir di tempat yang sempit dan padat, tangan pengendara bisa lebih mudah menjangkau ke belakang ketimbang ke samping. Masuk akal sekali memang, OTOMOTIFNET bahkan sudah merasakannya sendiri.

Tapi sayangnya, ketika belum terbiasa akan sedikit canggung. Selain itu, pindahnya posisi tuas cuk yang biasa berada di stang, pada Vega ZR terletak di karburator, juga bikin kagok. Mirip motor lawas yang pengendara mesti repot menunduk ketika hendak menarik tuas cuk.

Selain itu panel indikator posisi gigi pada speedometer juga tidak ada. Tidak seperti generasi pendahulunya, Vega R yang lengkap dari gigi satu sampai empat. Pada Vega ZR hanya terdapat lampu penanda posisi gigi netral dan posisi TOP atau posisi gigi empat. Lagi-lagi Vega ZR tidak dilengkapi pengaman kunci kontak. Tiga bintang agaknya cukup untuk menggambarkan fitur dan teknologi Yamaha Vega ZR.


Performa: **** (4 bintang)
Di sesi test performa ini terjawab rasa penasaran OTOMOTIFNET. Perbedaan kapasitas mesin yang hanya 5cc tak begitu terasa signifikan. Masih sama seperti bebek 110cc pada umumnya. Untuk lebih pastinya OTOMOTIFNET menggunakan alat ukur racelogic demi mendapatkan data performa Vega ZR.

Mencoba di trek sepanjang 1,5 km, OTOMOTIFNET yang berbobot 65 kg merasakan hentakan tenaga ditiap gigi yang terasa halus. Tidak terlalu menyentak namun cukup bertenaga. Di speedometer gigi satu menyentuh angka 45 km/jam, gigi dua sampai 65 km/jam. Tiga ada di 85km/jam dan top speed untuk trek sepanjang itu menyentuh angka 105 km/jam lebih sedikit.

Akselerasi juga cukup baik. Dari 0 sampai 60 km/jam hanya ditempuh dalam waktu 6,8 detik. Sedang untuk jarak 402 meter ditempuh dengan waktu 22,9 detik. Tapi para pembaca jangan bingung bila melihat data di bawah yang tidak mencantumkan kecepatan dari 0 sampai 100 km/jam.

Karena menurut alat racelogic yang kita pakai kecepatan Yamaha Vega ZR tak sampai 100km/jam. Sedang pada speedometer data kecepatan mencapai angka 105 km/jam lebih sedikit. Dengan hasil ini empat bintang cukuplah untuk menilai performa Yamaha Vega ZR.

Data Pengetesan
0-60m=6,5 detik
0-100m=8,7 detik
0-201m=13,7 detik
0-402m=22,9 detik

0-60km/jam=6,8 detik
0-80km/jam=14 detik
0-100km/jam=N/A

Konsumsi Bahan Bakar: **** (4 bintang)
Dengan seorang tester yang bobotnya tak lebih dari 65 kg, Yamaha Vega ZR mampu berlari sejauh 47 km dengan satu liter bensin. Konsumsi bahan bakar tersebut didapat dengan kecepatan tak lebih dari 60km/jam. OTOMOTIFNET melakukan pengetesan di jalan yang sangat sepi sehingga putaran mesin bisa selalu konstan. Rasanya tak ada yang protes bila empat bintang kita berikan untuk penilaian konsumsi bahan bakar.

Handling: **** (4 bintang)
Bila membandingkan Vega ZR dan Vega R yang memiliki dimensi berbeda. Vega ZR punya sumbu roda lebih panjang. Panjangnya 1.235 mm sedang Vega R hanya 1.195 mm. Meski lebih panjang bukan berarti tak selincah Vega R. Dengan selisih yang sangat kecil bisa dipastikan tidak akan terasa perbedaannya. Dan hal ini sudah OTOMOTIFNET buktikan.

Posisi stang yang menekuk ke dalam khas Yamaha memudahkan pengendalian. Posisinya jok yang tidak terlalu tinggi juga terasa ergonomis buat tubuh orang Indonesia rata-rata yang punya tinggi antara 160 sampai 170cm. Saat melibas tikungan dan jalan berkelok, rangka yang berbeda dengan versi Vega R ini tak terlalu liar tapi cukup nyaman pada kecepatan tinggi. Empat bintang kita berikan untuk Vega ZR.

Harga: ***** (5 bintang)
Dengan harga yang lebih mahal Rp 500 ribu dari Vega R yang di jual Rp 11.500.000, Vega ZR ini dilepas dengan harga Rp 12 jutaan. Untuk mesin, rangka dan desain bodi yang benar-benar baru serta konsumsi bahan bakar yang cukup irit, harga segitu OTOMOTIFNET anggap cukup ekonomis.

Tapi kenapa bisa sangat murah? Salah satunya adalah karena fitur yang sangat sederhana seperti yang sudah disebutkan diatas. Selain itu jangan dibandingkan dengan bebek lain yang sudah mengadopsi pelek cast wheel. Vega ZR bisa dijual dengan harga lebih mahal. Maka dari itu lima bintang layak untuk Yamaha Vega ZR.

Penulis/Foto: Tim OTOMOTIFNET
Sumber : www.otomotifnet.com

Comments»

1. Bintang Poernomo - 17 February 2009

Wah kalo gitu yang beru cuma mesinnya aja ya, inovasi di sektor lain masih kalah sama motor sekelasnya

2. papah oy - 28 February 2009

wogh kaeyen uga tuh
tapi kga sayank motor
kan lom lunas
hehehe ..

3. habibi - 21 March 2009

aduh pak Ymki,aku 2 nyesel banget ,
lah Vega zrQ gag spadan dengan apa yang slama ini aku cari.
yang aku cari 2 motor yang bner2 irit n modis,tp apa yang aku dpet dari vega zr,huh mlah modelny JADUL bangeT!!
gag sesuai dg anak muda zman skarang,
nyesel aku beli vega zr,mau aku jual aja ,mending mio ato apa gt!!

4. bikers - 6 April 2009

WADUUUHH……………. YANG UDAH BELI N MAKE AJA BILANG GITU GIMANA YANG BLOM BELI YAAAA………… UDAH MINDER DULU…. MAU BELI VEGA ZR………. MASIH MENDINGAN JUPITER Z NYA DONG……….?

5. wongstrees - 7 April 2009

mengecewakan Vega ZR mending yg vega R
gua beli aja nyesel, mending yg vega R dah

6. GLADIES - 13 April 2009

yang paling g banget itu lampu belakangnya JADUL ABIIEEESSS

7. bayu - 20 May 2009

slamt ya buat vega zr, krna mnrtku yg pling pnting dlm hl kndaraan adalah mesin & bensin.maka sri itu hiduuuuuuup !!!! VEGA ZR

8. jaylie - 30 October 2009

1 s/d 6 Namanya juga Motor Murah tapi tidak Murahan.Biar Rakyat bisa beli, dari pada MOcin. Tapi Salut buat YMkI menciptakan Motor dengan Irit dan enak di pakai. Tampilan Gaya Retro th 1990 gak masalah tuh.Saya udah beli nih…Lumayan LOrenZo Aja senang Bisa potong pita waktu Launchingnya.He-he-he.

9. jaylie - 30 October 2009

Dear All,
Sekali lagi kalau belum bisa bikin mesin motor jangan cuma bisa ngatain.padahal cuma bisa beli Doang.

10. pistonrengat - 31 October 2009

ya mudah2an bikin mesinnya gak kejar tayang kaya jupiter mx, mesin kompresor angin gw aja kalah berisiknya, padahal bisa dibikin ga berisik tuh, gw dah buktiin di mx gw, tp ko ga direvisi sama sekali ya ma yamaha, murah tapi jgn murahan dong, masa rmh kpling lgsung terhub ama as, ga pake bos sama sekali gimana ga oblak, oli yg keluar dari as kopl juga ga sempurna, makanya banyak kasus kopl gosong, klo ditanya jawabnya MX emang begitu mas, ah.. lg2 jawaban klasik

11. pistonrengat - 31 October 2009

oh iya jangan lupa boss timing pengapian di riset ulang, plus bentuk ruang bakarnya tuh, masa klo lagi ngegas kaya mesin mau pecah

12. Snake Rider - 21 May 2010

Zr the best la…Love u Vzr…??

13. vega zr - 21 October 2010

ada yang mau bayarin vega zr gw ga ni.tahun 2009 2,5jt,masih ori,,surat2 lengkap,baru lunas..warna merah…km 36559..tiap hari jaksel bekasi,,gw ditipu iklan yamaha..ternyata emang bner2 murahan semua smp bhan2 material mesinnya,,,kapok dah gw beli mtor yamaha..udah 3x gw beli mtor yamaha tapi sama aja,,ga kuat ditarik 110km/jam ditahan lebih dari 45mnit..lngsung ngedrop tuh mesin….gw tanya lgsng ke tmen gw yang kerja di pabrik pmbuatan bhan materialnya di kerawang..emang ga kuat bro katanya….kecewa gw…

14. bar-bar - 4 February 2011

mas-mas yang arif dan bijaksana, menurut saya pribadi yang sudah beli n pegang tu vega zr performanya lumayan kox, gak bikin kecewa, kalau tidak percaya silahkan coba sendiri!!!!, kalo masalah kenceng-kencengan ama motor lain, itu mah soal pengemudinya, berani dan punya keahlian dalam mengendalikan tunggangannya enggak. kalo soal performa mesin ya…kalah menang’nya ama motor laen yang mengusung mesin 110-125cc bedanya cuma tipis bro……!!!!,O…iya, low trex-trex’an dijalan lurus mah adek saya juga bisa, namanya jalan kan gak selalu lurus tapi coba deh berliku-liku seperti jalan pegunungan, nah disitulah performa vega zr akan keluar mas brow!!!!! kurang percaya lagi, silahkan coba ndiri……….!!!!!!!

15. mehmed - 5 June 2011

ada yg jual blok seher vega zr kga, w byarin sni
dah tanggung tuh mtor ancur, blom ad stengah thun dh gnti stang seherny, msukin gigi jga bunyi “bledag”
pkokny “THE PRODUK GAGAL” tu mtor

16. Djati - 23 August 2011

Cuma orang bego n gak berpendidikan beli motor YMKI.
Yamaha lambangnya aja mirip Yahudi.
Yamaha Yahudi = Yakafir.
Orang gaptek tuh pake yamahal.
Mesin yamaha baru sebulan aja udah rontok semua.
Mending pilih yg lain deh.

17. Djati - 23 August 2011

Sekali lagi.
CUMA ORANG TOLOL PILIH YAMAHA.

18. Djati - 23 August 2011

Vega ZR lemot sama Grand gua aja kalah.
MEMALUKAN!

19. Djati - 23 August 2011

Sorry man, gua gak black campaign..
gua gak sreg sama yamaha najis bgt.
Cuih cuih najis. Alergi.

20. hansen - 4 November 2011

y diem aja nyet jangan bacot, yg suka jg banyak, biasa aja lagi

21. PELER BENGKAK - 16 December 2011

BANYAK KALI BACODNYA ENTOT

22. Darmantyo_Saputra - 24 January 2012

Sapa bilang mesin Vega ZR kalah sama yang lain..??Buktinya Vega ZR gw adem ayem aje…malah dengan bobot gw yang 80kg biar lari 100km/jam…padahal gw cuma maen setingan dan ganti knalpot bobokan vega thn 2000…

Jangan mencaci dan memaki, kalo ga jago di trek jalanan

Salam dari TYO (Yamaha Vega Mailing List)

23. isa - 3 March 2012

bersyukur cuy punya motor…dilauran sana msh ada bbrp orang yg lo, punya motor,,anak sd-smp aja ada yg bunuh diri gara2 ga punya motor. klo ga mau yamaha yah pilh yg lain aja, klo ga mau vega zr mgkn duit2 ente lebih banyak ya udah beli aja ninja atw harley atw bmw sekalian…

24. Kitaro - 22 March 2012

gw pengguna vega zr selama 2,5 tahun..
benar2x LEMOT neh motor, model pun CUPU.. (masih lebih elegan VEga R kali…) sorry neh bukan BC tetapi neh motor memang MODEL CUPU, UDAH LEMOT, BOROS PULA tuh

MENDERITA banget deh pake motor ini, mau dipake ngecengin cewek model cupu, performa pun lemot banget deh… Iritnnya pun gak seberapa.. tergolong BOROS UNTUK KELAS MOTOR BEBEK.

Mending yang mw beli pikir2x dulu deh.. nyesal gw beli vega zr, padahal waktu itu gw pengennya rX king.. hahaha namun pas pula discontinue waktu itu..

syukurlah, sekarang gw udah bebas dan lega karena terlepas dari motor ini. sekarang gw pemakai Ninja R 2 tak.. konsumsi bbm 30 km/Liter (riding style sewajarnya+beberapa kali main superkips) kalau econo riding, memungkinkan untuk mencapai 35 km/L, sedangkan Vega ZR dengan riding sytle sewajarnya CUMA DAPAT 40 KM/L WTF!!! kalau beda cuma 10km/Liter mending ambil 2 tak deh.. Sekarang nampakkan sebenarnya motor mana yang keborosan??? yang bilang neh motor irit berarti gak bisa menghitung deh.. wkwkwkw

25. Zhilin - 4 April 2012

,baru 3 bulan aku punya vega zr,baru 3 bulan pula bayarnya. klep udah bengkok,untung dpt garansi,itu bukti kuat bobroknya vega zr.guello aku mass………..tuku vega zr…!!!!

26. Fbh one heart - 14 April 2013

Buat bro djati jgn nyolot dunk, bilang aj gak bisa bli ymh, sbnrny kualits ymh itu sgt bgus sprti body/ tebeng luar, dan catny sgt awet, besi rngka & msiny pun kuat n thn lma,😀

27. fathul - 8 July 2013

alah, yg G suka pabrikan YAMAHA G usah Gabung d blok sini, simpeL kan!
ane saranin yg masih pakek 2 tak, udah d lok’in aja, bkin polusi udara bero!

28. Samy - 25 August 2013

Bnar tu broo…gue jg suka cat nya yamaha,,,awet banget,biar g di urusin aja tetp kilat palagi di urus,,,klo honda mah,,,wkwkwkwkwwk,,,,,,,blom stahun dah blurrrr…….wkwkwkwkwk……..

29. Otomotif Yamaha Mx | Harzan Blog - 10 November 2014

[…] Test ride yamaha vega zr | plasa otomotif […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: