Test Ride New Suzuki Satria F150 7 January 2009
Posted by zoelis-oto in Motorcycle Category.trackback
OTOMOTIFNET – Sebenarnya OTOMOTIFNET yakin mesin New FU150 tidak ada yang berubah kecuali rombakan desain dan sedikit penambahan fitur. Cover lampu, desain knalpot dan speedometer jadi poin paling dominan yang terlihat dari versi face lift Satria FU150 yang pertama kali diperkenalkan pada Jakarta Motor Cycle Show, akhir 2008 lalu. Detail perubahannya silahkan klik Profil.
Namun keyakinan OTOMOTIFNET tergoyahkan oleh perkataan salah satu petinggi PT Suzuki Indomobil Motor (SIM). “Pastinya ada beberapa ubahan,” promosi Edi Darmawan, Manager Marketing-Promotion & Dealer Dev. Section Head PT SIM.
Ups, beneran nih? Jangan-jangan performanya juga berbeda. Makanya tim tester OTOMOTIFNET tergerak untuk melakukan sesi test ride. Here’s the result!
Desain: **** (4 bintang)
Sudah pasti tampang depan Suzuki Satria FU150 ini dimensinya lebih lebar dari produk sebelumnya. Perubahan paling jelas tentunya ada pada desain cover lampu ini.
Seperti yang sudah dijelaskan pada tulisan Profil beberapa waktu yang lalu. Suzuki selalu memberikan sentuhan moge pada motor bebek termasuk untuk Satria F150 terbaru ini. “Desain headlamp diadaptasi dari Suzuki GSX 600,” lanjut Edi.
Bentuk segitiga dan stang kemudi juga tampil dengan finishing terbaru. Selain itu desain footpeg guard juga diubah dengan motif alumunium, dan jangan kaget bila menemukan grab bar dengan desain yang berbeda. Grab bar terbaru lebih lebar dan diklaim memudahkan kita saat hendak menggeser atau mengangkat motor.
Di balik visor di cover headlamp, desain spidometernya sama dengan keluaran sebelumnya. Namun punya NSSF150 tampak lebih elegan, karena lis RPM-meter dibuat model krom dan cover spidometer digitalnya yang bermotif. Tester OTOMOTIFNET memberikan 4 bintang untuk desain ala moge.
Apakah mirip? |
Fitur dan Teknologi: ***** (5 bintang)
Meski perubahan tidak terlalu banyak, namun ada beberapa fitur baru yang memberikan nilai tambah buat sosok Satria FU150 ini. Yang pertama selain speedometer ada lampu indikator Eco Riding Mode (ERM), yang berfungsi memberi info efisiensi BBM pada panel indikator di balik lampu.
Cara kerjanya, sensor indikator ini mengikuti putaran mesin. Bila putaran mesin ada di angka 4.500-5.000 rpm, maka indikator akan berkedip sebagai peringatan kalo sedotan bensin lebih boros. Jika putaran mesin menunjukkan angka di atas 5.500 rpm, lampu itu menyala konstan.
Perbedaan lain dengan versi sebelumnya terletak pada knalpot. Bukan hanya bentuknya yang trendy dengan desain hexagonal, tapi di knalpot baru ini juga dilengkapi dengan catalyst, sehingga emisi gas buang hasil pembakaran lebih ramah lingkungan dan melampaui standar EURO 2 yang diterapkan pemerintah. Ditambah teknologi klep DOHC, mesin tegak plus oil cooler, New FU150 layak menerima 5 bintang.
Knalpot bercatalyst |
Speedo dilengkapi light shifter |
Performa: ***** (5 bintang)
Setali tiga uang alias sama saja dengan handling. Tidak ada perbedaan dengan pertama kali diluncurkan 4 tahun yang lalu. Mesin satu silinder 150cc, mengusung mesin DOHC dengan 4 katupnya mampu menghasilkan tenaga maksimum 16ps pada 9.500rpm dan torsi maksimum 12,7kgf-m di 8.500rpm yang disalurkan dengan transmisi 6 kecepatan.
Penambahan catalyst pada knalpot yang dikhawatirkan akan menurunkan performa, ternyata tidak terlalu berpengaruh. Tarikan tetap responsif di putaran bawah sampai atas. Buktinya saat diukur dengan alat ukur racelogic, untuk jarak tempuh 0-201 meter hanya perlu waktu 11,8 detik. Bahkan saat dicoba pada trek sepanjang 1,5 km, speedometer berhenti pada angka 120km/jam. Mantap! Tak salah bila lima bintang tetap diberikan untuk sang Hyper Underbone
Data Tes Akselerasi
0-201 meter : 11,8 dtk
0-402 meter : 19,5 dtk
0-60 km/jam : 5,1 dtk
0-80 km/jam : 8,1 dtk
Top Speed : 120 km/jam
Handling: **** (4 bintang)
Meski mengandalkan setang jepit dan segitiga dengan desain anyar. Namun secara keseluruhan tetap tidak berpengeruh pada ergonomi pengendara. Sok depan teleskopik dan belakang monosok, membuat handling Satria FU150 ini tidak ada perbedaan dari pendahulunya. Kenyaman dan kemudahan handling tetap terasa maksimal.
Meski mengusung mesin yang cukup besar yaitu 150cc. Hanya saja pada kecepatan sangat tinggi khususnya saat menikung gejala sedikit limbung agak terasa. Tidak bisa dipungkiri, mesin 150cc umumnya dipakai motor sport bukan bebek yang secara keseluruhan bobotnya lebih ringan. Tapi di jalanan, apalagi di Jakarta yang selalu macet mau ngebut seberapa cepat? Secara keseluruhan, sasis Satria F150 sudah lebih dari cukup untuk keperluan harian. 4 bintang untuk kemudahan handling Satria FU150.
Konsumsi Bahan Bakar: **** (4 bintang)
Dengan bobot seorang tester 65 kg, Satria FU150 diajak jalan dengan kecepatan konstan 60 km/jam untuk uji pemakaian bahan bakar. Hasilnya motor dengan kode produksi NSSF150 hanya mampu menyedot 1 liter premium untuk 38 km. Boros? Ya, tapi sepadan dengan performa dan kapasitas mesin besar yang akan Anda dapatkan. Empat bintang rasanya sepadan untuk konsumsi bahan bakar Satria FU150.
Harga: **** (4 bintang)
Sudah barang tentu harga Satria FU150 ini naik. Tapi tidak terlalu jauh hanya berubah Rp 550 ribu saja menjadi Rp 18 juta. Mahal? Sedikit lebih mahal dari pesaingnya, Honda CS-1. Namun bila dibandingkan antara teknologi dan performa yang diusung keduanya, Satria tetap unggul.
Kapasitas mesin 150cc dan teknologi DOHC empat katupnya masih jadi nilai lebih disbanding CS-1 yang mengusung kapasitas mesin 125cc dan masih menggunkan teknologi SOHC dia katup. Meski begitu untuk ukuran bebek harga Satria F150 tetap dirasa tinggi. Empat bintang untuk rasanya pas untuk urusan kantong.
Penulis/Foto: Tim OTOMOTIFNET
Sumber : www.otomotifnet.com
ada yang tau harga speedometernya gak ya..?????
hahahahhahaahhahahhah
apa bedanya new satria f150 dengan satria f150 lama?
Keren habis ya,aku pingin beli satu ahh
masi bagusan FU CBU de bos.. yg masi merah item non elec starter..
bahan bakar satria F menggunakan premium ato pertamax. .
apabila menggunakan premium apakah akan mempercepat kerusakan mesin. .
akhirnya gw punya juga :)…………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
jelas pertamax lah, kalo premium jadi ga ada tenaganya, boros pula
mhak bmget hrga’a…
gx bsa krang…
coz gue p’gmar satria f…
pgn jg nie aku…kynya mnarik bgt tu mtor….
larinya, mantap apalagi settingannya tepat kenceng uui
anjritttt keren Banget…………………………….
keren juga….
gua suka speedometernya ada pengaturan modenya….
kapan ya ada satria dgn menggunakan double piston…???
Satria jeLek mSiH BgUsAn mToR 75
hahaha
knalpot satria lama bisa gak ya di setting seperti keluaran baru ? thanks for infonya . . .
.pengen beli hrga’a brapa, seh….??,.
Yg keluaran kmrn msh d’produksi ga ya..? Pdhl aq pgn bgt yg merah hitam klo klrn br skrg kepala nya jelek banget kliatan k’gedean kecewa hrs nya yg klrn kmrn jg tetap d’Produksi biar penggemar ny kyk saya msh bs dpt’n mohon klo msh ada sampai k’ kal-teng dong
dipake bonceng cewe mantep lah,apa lagi pake step depan yoshimura di tmbah knalpot racing. mantep banget..
walau satria f150 yg baru jg tampl keren tp masih seneng yang satria f150 lama, coz lbh simple aja. tapi sayang setelah gue ngumpulin doku n udh mampu beli eh satria f150 lama gak produk lg. produk lg donk
satria f150 yang sekarang batoknya jelek, bagusan yang dulu, lebih ramping dan simple .. kalo yang sekarang menurut gw kayak barongsai… wkwkwkwkwkw
premium di mix octane booster bagus ga untuk FU….tolong jawabanya untuk yang pernah nyoba………..
satria f150 yg new..knp sering bunyi kayak petasan?
g jga barusan bLi NSSF150.
TOP BGT dah. pertama di launching dngan headlamp gede kLiatan’a gag cocok bgt coz qta kbiasaan ngeliat FU yg lama dngan headlamp kcil.
tpii kLo stiap harii qta liad NSSF150 trus ngeliad FU yg lama jdii kekecilan batok’a. ksimpulan’a bukan headlamp NSSF150 yg kegedean tapi kbiasaan qta yg liad FU headlamp yg msii kcil.
aku b ws due,, snangnya…..hati ini
headleamp bgus cm msalah waktu aja bwt para biker mnerimany,hee..apalagi body sporty dengan perubahan minornya..new satria top habis…
u/new saTria , cukuf 1 kata bro,,
MantaF cuy,,smpe ngimpi2 gw di buaT nya
Tp aLhasiL gw udaH gk ngimpi Lg deH,.
Udh ada di Garasi skrg,,go go saTria,,Ure the good M-cycLe
Bagi eLo2 yg berFikir tampang satria FU New ke gedean sLah bsr bro,
gw pkir kmarenan jg gTuh,tp pas gw Liat n gw bLi tu mtor,ternyata dampak nya gk cm dr gaya nya ‘n tampang nya onLy.,
bentuk nya aerodinamis ngebuang angin cuy,spedo nya apaLagie,
wuHH bs di steL cuy,..crom PuLa Lg Lis nye,.
jd Loe org kudu beLi dLu br tau rsa nya,jgn cm ngeLiatin aje
Wakakakaka,….IGOY_ZieDanendra.fideL.A.
to: tita trims 4 aLL u give 2 my bike
gwa masih indent neeh motor hehe… katanya sih sebulan paling lama utk lokasi bogor
hai browww.. ad yg tau ga gmana cara headlamp fu lama bisa masuk di speedo fu 2009. N brapa ya bro harga speedo + headlamp fullset fu lama????
FU Utu plng bisa,keren abiz bro
berapa bro harga speedo fu lama??? dan kedudukan batok pada fu 2009 tu bisa kan diubah jika gua ganti dengan speedo + headlamp fu lama……….tlog brow…
ada yg jual speedo satria fu model lama??? hub/sms 085658251104 ato email ke rudysetiawan43@yahoo.co.id
kalo ada kabarin segera bro……..
Jd kpingin liat body nya
bahan bakar pake pertamina apa pertamax plus…
khan motor kenceng tuh.,.,
pastinya pertamax donk.,.,
tp klo pake pertamina biasa gmn?
apa ada pengaruh dimesinnya kelak…?
yg tau bales ni comen yah.,.,
plisss
ato ke email aku aja…
thxz
fu 150 yg bru tembuzzzzzZZzzz brp yc ????
yg tao blz dun…
Bener bgt th..
Satria f mang keren abiez..kapan ya gw bs bli th mtor..
Ngimpi dulu aaah….
apah pazz di test larii CDI nya gag limit tuhh…?
lebih kncang mna satria f yang sekarang dengan yamaha vixion..?
@mozack : yg jelas satria sm vixion msh kalah kencengx kalo di adu sm vespa gwe taun 77,pernah gwe adu bareng ninja-rr msh bs nembus di angka 140km/h hehehe tp mesinx ane pake piston+ring ninja kode B trus karburator ane pake pny rx-king n utk urusan pengapian ane pasang pny 125Z lengkap mulai dr magnet+spul+cdi.
Hasilnya wuuuzz…wuuzz
suzuki satria f 150 memang lezat
Gua pngen bngt pny FU, tp gua msh plajar blm pnya uang,
babe jg blm ad uang, trz gmn agr mmipiku pnya FU sgra trwujud?
FU, I love U
klau gue suka yg kpla ganal,,,,,,krna prasaku lbih gagah,,,bxk tmn ku yg mnta psang kn skrang d kmpung ko bro sdah bganti batok ganal(besar) rumahan cucuk,tinggl bkin bsi plat,,,,harga x ckup mrah cuma 15o rb doang,,,,,
striaf bxk penggemar x trutama cewe,,,,,,,,,,cuma perbaikan x bro agak susah,,,,,,,,,,hidup satria f
satria fu pancen manteps,,gak rugi beli,,mahal tpi sebanding dgn performanya,,cihuyyyy