jump to navigation

Profil Suzuki Skydrive Dynamatic 10 April 2009

Posted by zoelis-oto in Motorcycle Category.
Tags: ,
trackback

OTOMOTIFNET – Seperti judul sebuah program kuis di televisi yang meneriakan kalimat “akhirnya datang juga..!”. Hal yang sama juga terjadi pada Suzuki Skydrive, setelah lama diperbincangkan. Akhirnya pada akhir bulan Maret ini Suzuki Skydrive dipastikan akan datang juga ke pasar skutik tanah air.

Sebetulnya perbincangan tentang skutik konsep SD-1 dan SD-2 hingga peluncuran perdana Suzuki Skydrive di Thailand sudah lama menjadi perbincangan hangat di forum-forum otomotif termasuk di FORUM OTOMOTIFNET.COM. Gosip serta tebak-tebakan seputar skutik baru ini juga menyedot perhatian banyak pihak.

Beberapa pertanyaan yang kerap muncul di tengah perbincangan antara lain seputar perbedaan spesifikasi dan keraguan keberhasilannya di pasar tanah air. Mengingat sebelumnya Suzuki telah memiliki Spin dan Skywave. Benarkah anggapan yang menyebutkan strategi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), meluncurkan Skydrive salah besar? Waktu yang akan menjawabnya.


Kiri versi Thailand, kanan versi Indonesia. Tidak banyak perbedaan

Menjual Life Style
Skydrive akan masuk ke Indonesia dengan nama belakang Dynamatic. “Berasal dari nama Dinamis & Automatic,” buka Edi Darmawan, Marketing Manager 2W, PT SIS. Bila melihat dimensi bodi tentunya akan berbeda. Sedikit lebih besar dari Spin tapi sedikit lebih kecil dari Skywave. Bentuk sasis pun tak jauh berbeda dari Suzuki Spin. Namun secara spesifikasi mesin, Spin, Skywave dan Skydrive Dynamatic dipastikan berangkat dari basic yang sama.

Tetap menggunakan mesin 4-tak, satu silinder dan SOHC. Ketiga skutik (Spin, Skywave, Skydrive) ini memiliki diameter piston dan stroke yang sama, 53,5mm x 55,2mm. Dengan kapasitas silinder 124cc dan karakter mesin over stroke, membuat performa khususnya akselerasi di atas rata-rata skutik lain yang hanya memiliki kapasitas mesin 115cc.

Penghargaan Mr.Testo Award dari Tabloid OTOMOTIF, juga menganugrahi best performance untuk Spin kala itu. Bukti ketangguhan mesinnya. Nah, sebenarnya oleh PT SIS, mesin yang sama ini di aplikasikan ke dalam jiwa yang berbeda sesuai desain masing-masing skutik yang dimiliki Suzuki. Mirip kebiasaan pabrikan mobil yang biasa mencangkokan satu mesin yang sama kebeberapa varian model.

Misalnya, mesin Honda All New Jazz ternyata juga dipakai oleh Honda City dan Honda Freed. Meski memiliki konsep mobil yang berbeda namun tetap eksis di jalurnya sendiri-sendiri sebagai sporty hatchback, small sedan dan sporty passenger car. Kondisi ini justru memudahkan perawatan dan menjamin ketersediaan spare part. Karena basic mesin yang sama, tentunya part-nya banyak yang sama pula.

Sedang pada line up Suzuki, Spin dibuat untuk mereka yang berjiwa muda, fun dan ceria. Desain Spin sendiri terlihat compact, lebih sederhana, dan berkesan ringkas serta memudahkan dalam beraktifitas. Sedang Skywave punya aura mewah dan elegan. Pria dan wanita stylist yang berjiwa mapan dan modern boleh melirik skutik dengan dimensi lebih gambot dari Spin ini.

Sedang Skydrive Dynamatic ini lebih ditujukan bagi mereka yang berjiwa petualang, sporty dan selalu tampil ingin tampil beda. Lihat saja sendiri bentuknya. Tidak sesederhana dan semewah saudara tuanya, Spin dan Skywave. Sisi liar seorang pengendara yang haus tantangan terlihat jelas di Dynamatic. Garis-garis bodinya tajam dan agresif memang sangat cocok untuk mereka yang berjiwa aktif.

Memang sekilas sangat berlebihan memilah-milah skutik yang masih sepeda motor dengan segmentasi berdasarkan life style konsumen seperti ini. Namun inilah kenyataanya. Kini beberapa skutik memang di posisikan bukan sekedar sebagai alat trasportrasi seperti kebanyakan orang pikirkan. Tapi juga sebagai gambaran yang mewakili jati diri sang pengendara. Seperti yang Suzuki lakukan dengan menjual life style dalam skutik-skutiknya.

Sumber: www.otomotifnet.com

Spesifikasi Skydrive Dynamatic :

Tipe mesin
System pendingin
Jumlah silinder
Diameter silinder
Langkah piston
Kapasitas silinder
Rasio kompresi
Daya maksimum
Torsi maksimum
Karburator
Saringan udara
System starter

Panjang keseluruhan
Lebar keseluruhan
Tinggi keseluruhan
Jarak antar as roda
Jarak tersendah dari tanah
Ketinggian tempat duduk
Bobot kendaraan (berat isi)

Tipe Rangka
Suspensi depan
Suspensi belakang
Rem depan
Rem belakang
Ukuran ban depan
Ukuran ban belakang

Pengapian
Tipe busi
Accu

Kopling
System penggerak
Rasio transmisi otomatis
Perbandingan reduksi akhir

: 4 langkah SOHC
: pendingin udara
: 1 (satu)
: 53.5 mm
: 55.2 mm
: 124 cm3
: 9.6 : 1
: 6.9 kW/7.500 rpm
: 9.6 Nm/6.500 rpm
: Mikuni BS26
: Busa polyurethane & elemen kertas
: elektrik & engkol

: 1.900 mm
: 655 mm
: 1.050 mm
: 1.265 mm
: 155 mm
: 160 mm
: 108 kg

: underbone
: teleskopik, pegas ulir, peredam oli
: lengan ayun, pegas ulir, peredam oli
: cakram hidrolis
: tromol
: 80/90 – 14
: 90/90 – 14

: elektronik ignition (DC CDI)
: NGK C6HSA / ND U2OFS-U
: 12V,12.6 kC (3.5 An)/ 10 HR

: kering, otomatis, tipe sentrifugal
: CVT dengan V-Belt
: 2.700 – 0.825 (variable)
: 9.366 (46/17 x 45/13)


Comments»

1. Cabe88 - 5 May 2009

Tampak belakang dan samping sih ok, sayang Bagasi sangat kecil, bagas depan juga tidak maksimal, isi bensin masih harus buka jok.

2. KnK - 31 May 2009

model emang keren abiz….. tp sayang suzuki ga mikirin bagasi…. body motor segede gitu masa bagasi kecil banget.. masi gede punya Produk kompetitor yang berbody Imut H B?aT. kalo bagasi digedein pasti laku keras tuh skydrive… yang jelas gue pasti beli 1🙂

3. luqman - 25 October 2009

mau tanya . tromol apa yang pas untuk skydrive yang belakang ? makasih .

4. alit sugandhi - 15 November 2009

klo bisa bgian body blakang diubah

5. hair model - 29 January 2010

kepingin beli nih , tapi duitnya kurang

6. val - 15 March 2010

bagus… tpi, kok kyk meleleh ya…

7. Boy - 18 June 2010

wah gw pelajar pake suzy skywave NR aja . biar bongsor tuh body tp tetep gesit & irit . .
skywave tetep diatas skydrive dah , ,

8. yuni - 8 July 2010

mengurangi suhu panas pada poros dan peleq belakang gimana ya? soalnya bikin ban lebih sering bocor atau mudah aus

9. Newbie - 18 July 2012

Cara buka jok motor ini gimana ? kasih pencerahan dong?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: